Saturday, September 16, 2017

Kegunaan Stabilizer dan Ups (uninterruptible power supply) untuk komputer

Stabilizer

Stabilizer merupakan perangkat tambahan pada komputer, yaitu sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menjaga kestabilan aliran listrik. Prinsip kerja perangkat stabilizer ini adalah menaikkan tegangan pada saat tegangan listrik sedang turun, dan menurunkan tegangan listrik apabila tegangan yang masuk terlalu tinggi. Menaikkan atau menurunkan tegangan tersebut bertujuan untuk menghasilkan tegangan output yang normal, yang akan dipakai oleh sebuah komputer, sehingga komputer mendapatkan aliran listrik yang stabil. 

sumber internet

diatas merupakan salah satu gambar stabilizer



UPS (uninterruptible power supply)

UPS (uninterruptible power supply) merupakan sebuah perangkat tambahan untuk sebuah komputer yang di fungsikan sebagai baterai. fungsi UPS sendiri adalah menyimpan tenaga listrik dan akan mengalirkan apabila listrik padam. prinsip kerja ups adalah pada saat aliran listrik hidup normal, maka ups akan menyimpan tenaga listrik tersebut. dan apabila aliran listrik mati , maka UPS akan mengalirkan tenaga listrik yang tersimpan ke komputer yang terpasang UPS .

UPS pun mempunyai jangka waktu pemakaian nya sekitar waktu 30 menit sampai 1 jam lebih, jangka waktu tersebut didapat dari besar kapasitas dari ups tersebut semakin besar kapasitas UPS yang di miliki maka semakin lama juga waktu pemakaia nya

sumber internet

diatas merupakan gambar UPS

No comments:

Post a Comment